SEKILAS INFO

     » Aspirasi Anda Dapat Disampaikan Melalui Email kecamatandagangan1@gmail.com      » Sugeng Rawuh di Website Resmi Kecamatan Dagangan. Pemerintah Daerah Kabupaten Madiun Tahun 2017
STRUKTUR ORGANISASI
Tanggal Posting: 31 Mei 2010

Peraturan Bupati Madiun Nomor 60 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas, Fungsi, dan Tata Kerja Kecamatan Kabupaten Madiun:

 

 

 

 

 

 

 

 

1.  NAMA JABATAN                                   : Camat Dagangan                                                

2.  UNIT KERJA ESELON III                     : Kecamatan Dagangan

3.  UNIT KERJA ESELON III               : Melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan,      pembangunan, pelayanan masyarakat, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat   dan sebagian  pelimpahan kewenangan Bupati di Kecamatan Dagangan                                          

 4.   TUGAS POKOK                                    :                                                                                                                      

 5.   FUNGSI                                                  :                                

a. Pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan Umum ;

b. Pelaksanaan pengkoordinasian kegiatan Pemberdayaan masyarakat ;

c. Pelaksanaan pengkoordinasikan upaya penyelenggaraan ketentraman danketertiban umum ;

d. Pelaksanaan pengkoordinasian penerapan dan penegakan peraturan  perundang- undangan ;

e. Pelaksanaan pengkoordinasian pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum;

f. Pelaksanaan pengkoordinasian penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat Kecamatan ;

g. Pelaksanaan pembinaan penyelenggaraan pemerintahan Desa;

h. Melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan Kabupaten yang tidak dilaksanakan oleh unit kerja Pemerintah Daerah Kabupaten yang ada di Kecamatan;

i.  Melaksanakan pelayanan masyarakat yang meliputi ruang lingkup tugasnya dan / yang belum dapat dilaksanakan oleh pemerintah Desa;

k.  pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati.    

 

1.

Nama Jabatan

:

Sekretaris

2.

Unit Kerja             

:

Kecamatan

3.

Ringkasan Tugas

:

Membantu Camat dalam melaksanakan tugas penyelenggaraan pemerintahan dan melaksanakan pelayanan administrasi kepada semua unsur dilingkungan Kecamatan meliputi  perencanaan, pelayanan masyarakat, pengelolaan administrasi umum,  rumah tangga, kepegawaian, dan administrasi keuangan.

4.

5.

Tugas Pokok

Fungsi

:

:

 

 

 

  1. Penyusunan rencana program / kegiatan pada lingkup  sekretariat ;
  2. Pelaksanaan koordinasi penyusunan program, anggaran dan perundang-undangan ;
  3. Pelaksanaan koordinasi penyelenggaraan tugas-tugas bidang ;
  4. Pengelolaan dan pelayanan administrasi umum;
  5. Pengelolaan administrasi kepegawaian ;
  6. Pengelolaan administrasi keuangan ;
  7. Pengelolaan administrasi perlengkapan ;
  8. Pengelolaan Aset;
  9. Pengelolaan urusan rumah tanggga ;
  10. Pengelolaan kearsipan ;
  11. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan laporan kegiatan ;
  12. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan ruang lingkup tugas fungsinya.

 

 

 

1.

 

Nama Jabatan

 

:

 

Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

2.

Unit Kerja

:

Sekretariat

3.

Ringkasan Tugas

:

Melaksanakan pengelolaan urusan rumah tangga, surat menyurat dan kearsipan serta perlengkapan kecamatan.

4.  Tugas Pokok                 :

5.   Fungsi                             :

  1. Menyusun rencana, program dan kegiatan pada Sub Bagian Umum dan Kepegawaian ;
  2. Mengelola tertib administrasi umum, kearsipan;
  3. Mengelola pelayanan administrasi umum, kearsipan dan ketatalaksanaan ;
  4. Mengelola dan memproses administrasi kepegawaian;
  5. Menyelenggarakan urusan rumah tangga dan keprotokolan;
  6. Melaksanakan pengelolaan perlengkapan dan aset ;
  7. Melaksanakan monotoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan pada Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
  8. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan tugasnya.

 

1.

Nama Jabatan

:

Kepala Sub Bagian Keuangan, Penyusunan program dan  Pelaporan.

2.

Unit Kerja

:

Sekretariat

3.

Ringkasan Tugas

:

Melaksanakan urusan keuangan, Penyusunan program  dan Pelaporan di lingkungan kecamatan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku

4. Tugas Pokok                  :                      

5. Fungsi                               :    

  1. Menyusun rencana program dan kegiatan pada sub Bagian Keungan, Penyusunan Program dan Laporan ;
  2. Menyiapkan bahan rencana program dan kegiatan pada lingkup Dinas ;
  3. Melaksanakan penatausahaan keuangan;
  4. Melaksanakan pengelolaan tertib administrasi keuangan termasuk pembayaran gaji pegawai;
  5. Melaksanakan penyusunan laporan atas pelaksanaan program dan kegiatan padas lingkup Dinas;
  6. Menyiapkan bahan penataan kelembagaan dan perundang-undangan ;
  7. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan Pelaporan pada sub Bagian Keuangan, Penyusunan Program dan Laporan ;
  8. Melakukan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan tugasnya.
  9. Menyusun Rencana program/kegiatn sub bagian keuangan
  10. Menyusun Konsep RKA Kecamatan
  11. Menyusun Laporan SPJ keuangan bulanan
  12. Menyusun Laporan neraca bulanan
  13. Menyusun Laporan keuangan tahunan
  14. Menyusun Laporan pelaksanaan kegiatan sub bagian keuangan
  15. Menyiapkan Naskah dinas yang berkaitan dengan keuangan Kecamatan dan menyiapkan Dokumen penilaian pekerjaan bawahan

 

1.

Nama Jabatan

:

Seksi Pelayanan

2.

Unit Kerja

:

Kecamatan Dagangan

3.

Ringkasan Tugas

:

Melaksanakan dan menyusun,mengolah dan pemeliharaan data dalam rangka peningkatan pelayanan masyarakat di Kecamatan.

4.  Tugas Pokok                 :

5.   Fungsi                             :                                                

  1. Menyiapkan bahan penyusunan rencana dan program kerja pada Seksi Pelayanan ;
  2. Melaksanakan penyusunan, pengolahan dan pemeliharaan dalam rangka peningkatan pelayanan masyarakat;
  3. Melaksanakan sosialisasi tentang mekanisme, prosedur dan persyaratan ( standart pelayanan prima ) kepada masyarakat;
  4. Mengkoordinasikan pelayanan sesuai dengan standar pelayanan publik di wilayahnya;
  5. Melaksanakan pelayanan administrasi pemerintah kepada masyarakat;
  6. Melaksanakan pengawasan dan evaluasi pelaksanaan pelayanan masyarakat;
  7. Melaksanakan pengumpulan data pengadaan dan menyiapkan bahan koordinasi pengaduan terhadap pelayanan masyarakat ;
  8. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan laporan pelaksanaan tugas pada Seksi Pelayanan ;
  9. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan ruang lingkup tugasnya.

 

1.

NamaJabatan

:

Seksi Tata Pemerintahan Desa

2.

Unit Kerja

:

Kecamatan Dagangan

3.

Ringkasan Tugas

:

Menyelenggarakan pembinaan, pengendalian teknis dan penyusunan program kerja dalam penyelenggaraan pemerintahan Desa.

4.

5.       

Tugas Pokok

Fungsi

:

:

 

 

  1. Menyiapkan bahan penyusunan rencana dan program kerja pada Seksi Tata Pemerintahan Desa;
  2. Menyiapkan bahan koordinasi dengan  satuan kerja perangkat daerah dan instansi vertikal di bidang penyelenggaraan kegiatan pemerintahan;
  3. Menyiapkan bahan koordinasi dan sinkronisasi perencanaan dengan satuan kerja perangkat daerah dan instansi vertikal di bidang penyelenggaraan kegiatan pemerintahan;
  4. Melaksanakan pemberian bimbingan, supervisi,fasilitasi dan konsultasi pelaksanaan administrasi desa;
  5. Melaksanakan evaluasi penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat Kecamatan;
  6. Menyiapkan dan menyusun bahan laporan penyelenggaraan kegiatan Pemerintahan di tingkat Kecamatan kepada Bupati;
  7. Menyiapkan  data dan bahan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan desa;
  8. Menyiapkan dan menyusun bahan laporan pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan desa di tingkat kecamatan kepada Bupati;
  9. Melaksankan tugas lain yang diberikan oleh Camat.

 

1.

Nama Jabatan

:

Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum

2.

Unit Kerja

:

Kecamatan Dagangan

3.

Ringkasan Tugas

:

Menyelenggarakan pembinaan, pengendalian teknis dan penyusunan program kerja dalam penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum.

 

 

 

 

4.

Tugas Pokok

:

 

 

  1. Rencana program/kegiatan Kecamatan
  2. Naskah dinas dan surat rekomendasi dalam pelaksanaan tugas Seksi.
  3. Laporan hasil kegiatan Kecamatan
  4. Peningkatan pelayanan di Kecamatan.

5.       Fungsi             :

          a. Menyiapkan bahan penyusunan rencana dan program kerja pada Seksi      Ketentraman dan Ketertiban Umum;

 b. Menyiapkan bahan koordinasi dengan Kepolisian Negaea Republik dan/atau Tentara Nasional Indonesia mengenai program dan kegiatan penyelenggaraan  ketentraman dan ketertiban umum di wilayah kecamatan;

c. Menyiapkan bahan koordinasi dengan tokoh masyarakat yang berada di wilayah kerja Kecamatan untuk mewujudkan ketentraman dan ketertiban umum masyarakat di wilayah kecamatan;

d. Menyiapkan bahan koordinasi dengan pihak terkait dalam pelaksanaan pengamanan prasarana dan fasilitas pelayanan umum;

e.  Menyiapkan bahan koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah yang tugas dan fungsinya di bidang penerapan peraturan perundang-undangan;

f.  Menyiapkan bahan koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah yang tugas dan fungsinya di bidang penanggulangan bencana;

g.  menyiapkan bahan koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah yang  tugas dan fungsinya di bidang perlindungan masyarakat;

h.   Melakukan pembinaan ideologi negara dan kesatuan bangsa;

i.  Menyiapkan dan menyusun bahan laporan pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum di wilayah kecamatan kepada Bupati;

j.  Menyiapkan dan menyusun bahan laporan pembinaan ketentraman dan ketertiban kepada Bupati;

k. Menyusun bahan koordinasi dan pembinaan terhadap organisasi sosial kemasyarakatan yang ada di wilayah kecamatan;

l. Melaksanakn monitoring , evaluasi dan laporan pelaksanaan tugas pada tugas pada seksi ketentraman dan ketertiban umum dan;

m. Melaksanakan tugas-tugas lain yan g diberikan oleh Camat sesuai dengan ruang lingkup tugasnya.

 

1.

Nama Jabatan

:

Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan

2.

Unit Kerja

:

Kecamatan

3.

Ringkasan Tugas

:

Menyelenggarakan pembinaan, pengendalian teknis dan penyusunan program kerja dalam penyelenggaraan pemberdayaan masyarakat dan Pembangunan

4.

Tugas Pokok

:

 

 

  1. Rencana program/kegiatan Kecamatan
  2. Naskah dinas dan surat rekomendasi dalam pelaksanaan tugas Seksi.
  3. Laporan hasil kegiatan Kecamatan
  4. Peningkatan pelayanan di Kecamatan.

5. Fungsi

  1. Menyiapkan bahan penyusunan rencana dan program kerja pada seksi pemberdayaan masyarakat dan pembangunan;
  2. Menyiapkan data pelaksanaan pemberdayaan masyarakat dan pembangunan, di wilayah kecamatan;
  3. Melaksanakan koordinasi pelaksanaan pemberdayaan masyarakat dan pembangunan, di wilayah kecamatan’
  4. Melaksanakan fasilitas dan menyiapkan bahan koordinasi pelaksanaan pemberdayaan masyarakat dan pembangunan di wilayah kecamatan;
  5. Mendorong partisipasi masyarakat untuk ikut serta dalam perencanaan pembangunan lingkup kecamatan dalam forum musyawarah perencanaan pembangunan di desa/ kelurahan dan kecamatan;
  6. Melaksanakan koordinasi pengawasan terhadap keseluruhan pelaksanaan program kerja perangkat daerah, instansi vertikal maupun swasta yang mempunyai program kerja dan kegiatan pemberdayaan masyarakat dan pembangunan di wilayah kerja kecamatan;
  7. Menyiapkan dan menyususn bahan laporan pelaksanaan kegiatan pembangunan dan perekonomian di kecamatan;
  8. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan laporan pelaksanaan tugas pada seksi pemberdayaan masyarakat dan pembangunan; dan
  9. Melaksanakan tugas- tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan ruang lingkup tugasnya.

 

1.

Nama Jabatan

:

Seksi Kesejahteraan Sosial

2.

Unit Kerja

:

Kecamatan

3.

Ringkasan Tugas

:

Menyelenggarakan pembinaan, pengendalian teknis dan penyusunan program kerja dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

4.

Tugas Pokok

:

 

  1. Rencana program/kegiatan Kecamatan
  2. Naskah dinas dan surat rekomendasi dalam pelaksanaan tugas Seksi.
  3. Rencana program/kegiatan Kecamatan
  4. Naskah dinas dan surat rekomendasi dalam pelaksanaan tugas Seksi.
  5. Laporan hasil kegiatan Kecamatan

      Peningkatan pelayanan di Kecamatan.

   

5. Fungsi

  1. Menyiapkan bahan penyusunan rencana dan program kerja pada seksi kesejahteraan sosial;
  2. Menyiapkan bahan untuk penyusunan program dan melakukan pembinaandalam upaya peningkatan kesehatan dan gizi masyarakat, keluarga berencana dan pemberantasan penyakit menular;
  3. Menyelenggarakan fasilitas dan koordinasi pelaksanaan pembinaan dan pengembangan ketenagakerjaan;
  4. Melaksanakan koordinasi, pendataan dan pemantaun penyaluran bantuan sosial;
  5. Melaksanakan dan mengkoordinasikan pelaksanaan program pembinaan keagamaan, pendidikan, kebudayaan, kepemudaan dan olahraga;
  6. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan laporan pelaksanaan tugas pada Kesejahteraan sosial di Kecamatan kepada Bupati; dan
  7. Melaksakan tugas lain yang diberikan oleh Camat.