SEKILAS INFO

     » Aspirasi Anda Dapat Disampaikan Melalui Email kecamatandagangan1@gmail.com      » Sugeng Rawuh di Website Resmi Kecamatan Dagangan. Pemerintah Daerah Kabupaten Madiun
Selasa, 29 Januari 2019 - 08:16:44 WIB
Pamerkan Potensi Desa Lewat Festival Durian

Diposting oleh : Administrator
Kategori: BERITA DESA - Dibaca: 124 kali

TIMESINDONESIA, MADIUNBupati MadiunAhmad Dawami mengapresiasi adanya event Festival Durian di Bukit Setepong, Desa Segulung, Kecamatan Dagangan yang digelar pada, Sabtu (26/1/2019) besok.

Bupati yang akrab disapa Kaji Mbing ini berharap festival yang dikemas lomba durian dan bahan baku olahan durian tersebut mengangkat produk lokal dan mampu meningkatkan penghasilan petani durian.

"Ini sebagai langkah awal (festival durian red). Dari even tersebut kedepan akan memicu produk - produk inovatif lainnya yang menguntungkan petani durian lokal dan mengubah pola pikir mereka," kata Bupati Madiun Ahmad Dawami.

 Pemkab Madiun berjanji akan mendukung penuh mulai pelatihan hingga pemasaran durian lokal.

"Tidak hanya bisa dimakan buahnya saja tapi bagaimana bisa memiliki nilai lebih. Mulai dari penjualan buah, produk olahan hingga packaging atau cara mengemas agar menarik konsumen," tegasnya.

Sementara Camat Dagangan Muhamad Zahrowi menambahkan, pada festival durian yang bertema Dagangan Asik Berjarik ini akan melibatkan juri seorang Chef dari beberapa hotel ternama di Madiun. Panitia juga mendatangkan konsultan packaging dari Jogyakarta.

"Oleh oleh khas Kecamatan Dagangan dari bahan baku duren akan terjawab sabtu besok. Mulai nama, rasa hingga kemasannya," jelas Zahrowi.

Menurut Zahrowi, Kecamatan Dagangan memiliki lima desa penghasil durian dengan berbagai macam varietas unggulan. Di antaranya jenis varietas durian raja, durian kawuk, durian glatik dan masih banyak lainnya dengan rasa dan warna bermacam - macam yakni manis dan pahit.

Durian jenis ini memiliki buah yang besar dengan dagingnya tebal berwarna kuning dan isi (pongge) kecil.

"Dari kegiatan ini akan mewujudkan petani dan masyarakat desa mandiri sejahtera. Hal ini sesuai Visi misi Kabupaten Madiun Aman, Mandiri, Sejahtera dan Beraklhak," ungkapnya.

 Dagangan Asik Berjarik tersebut akan melibatkan 17 desa. Masing-masing desa unjuk diri lomba durian dan inovasi produk olahan bahan baku durian di Festival Durianyang digelar besok mulai pukul 08.00 WIB. "Durian yang nomor 1 nanti akan dilelang di acara ini. Ada pula lelang pohon durian yang sudah siap panen," ujar Camat Dagangan Muhamad Zahrowi. (*)

 

Sumber:

https://www.timesindonesia.co.id/read/197939/20190125/092249/pamerkan-potensi-desa-lewat-festival-durian/