SEKILAS INFO

     » Aspirasi Anda Dapat Disampaikan Melalui Email kecamatandagangan1@gmail.com      » Sugeng Rawuh di Website Resmi Kecamatan Dagangan. Pemerintah Daerah Kabupaten Madiun Tahun 2017
Kamis, 08 Desember 2016 - 08:41:20 WIB
MONEV P2WKSS DI DESA JOHO KECAMATAN DAGANGAN

Diposting oleh : Administrator
Kategori: KEGIATAN PKK - Dibaca: 86 kali

Dagangan – P2WKSS ( Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera) adalah sebuah program yang ditujukan untuk wanita dalam upaya pengembangan kemandirian baik di dalam keluarga maupun lingkungannya. Pada hari rabu 9 November 2016 sekitar pukul 08.00 WIB Tim Monitoring  dan Evaluasi (Monev) P2WKSS mengunjungi Desa Joho Kecamatan Dagangan. Desa yang menjadi pilot project atau percontohan P2WKSS pertama di Kecamatan Dagangan ini memang memiliki banyak keuanggulan.

Monev P2WKSS yang bertempat di Balai Desa Joho ini dihadiri berbagai elemen masyarakat. Seperti perwakilan dari Tim Kabupaten Madiun, Tim Kecamatan Dagangan, Muspika (Polsek Dagangan dan Koramil Dagangan), PKK Desa, Kelompok Rukun Kematian, Bidan Desa, dll. Karena dalam P2WKSS sendiri ada 12 sektor yang terlibat.

Acara ini dihadiri langsung oleh Bapak Camat dagangan Muhamad Zahrowi, AP dalam sambutannya beliau menyampaikan dukungan terhadap gerakan perempuan khususnya di Desa. Nantinya diharapkan peran perempuan mau dan mampu untuk mandiri. Didukung lagi dengan adanya anggaran dari desa untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat. Mengakhiri sambutannya beliau berhartap adanya pembinaan yang instensif dari Tim kabupaten Madiun sehingga P2WKSS di Joho ini dapat berjalan dengan maksimal.

Selanjutnya sambutan dari Ibu Ida Fariati yang merupakan perwakilan dari Ketua Badan KB dan PP Kabupaten Madiun yang berhalangan untuk hadir. Beliau menyampaikan bahwa Ibu Kepala menyampaikan terimakasih atas partisipasi dan kerjsama yang baik untuk Desa Joho, khususnya dalam kegiatan pemberdayaan wanita.

Wawasan tentang potensi dan pergerakan P2WKSS di Desa Joho disampaikan secara langsung oleh Ibu Ketua TP PKK Desa Joho Ny. Ita Suswati Mustofa. Paparan disampaikan sebagai pengantar untuk Monev dari Tim kabupaten. Beliau menyampaikan terkait dengan pemberdayan wanita. Antara lain Kelompok Wanita Tani (KWT) Sido Makmur yang sudah mengembangkan budidaya jamur, penanaman 100 batang pohon sirsat dan berbagai kegiatan lainnya. Belum sampai disitu, Desa ini memiliki keuanggulan dalam pembuatan rengginan dan jamur yang sudah terkenal di daerah Madiun Selatan. Selain itu dari sisi keagamaan pengajian rutin setia hari Kamis malam Jumat dan pengajian Minggu Legi rutin dilakukan.

Setelah serangkaian sambutan dan paparan selesai, Tim Kabupaten menuju ke Pendopo Desa Joho untuk melakukan Monev. Disana sudah ada 12 meja dengan berbagai unsur yang akan dilakukan pembinaan. Kegiatan ini selesai pukul 11.00 WIB dengan berbagai catatan perbaikan untuk peningkatan pelaksanaan P2WKSS yang lebih baik lagi. (LG)