SEKILAS INFO

     » Aspirasi Anda Dapat Disampaikan Melalui Email kecamatandagangan1@gmail.com      » Sugeng Rawuh di Website Resmi Kecamatan Dagangan. Pemerintah Daerah Kabupaten Madiun Tahun 2017
Kamis, 11 Februari 2016 - 10:56:49 WIB
BIMTEK PENYUSUNAN RPJMDesa dan RKPDesa di Kecamatan Dagangan Tahun 2016

Diposting oleh : Administrator
Kategori: SERBA SERBI - Dibaca: 49 kali

DAGANGAN - Bimbingan Tekhnis Penyusunan RPJMDesa dan RKPDesa Kecamatan dilaksanakan pada tanggal 4 Februari 2016 di Hotel Aston Kota Madiun. Bimtek ini dihadiri oleh seluruh kepala desa, sekretaris desa, 1 anggota LPKMD, dan 1 operator komputer. Kegiatan Bimtek ini terlaksana berkat dukungan dari Bapak Camat Dagangan Muhammad Zahrowi, AP dan seluruh Kepala Desa di Kecamatan Dagangan.

RPJMDesa merupakan rencana pembangunan desa yang disusun oleh kepala desa selama masa bakti 2016-2021. Rencana pembangunan desa tersebut harus sesuai dengan visi dan misi desa agar tercipta pembangunan berkelanjutan demi kemajuan wilayahnya. Sedangkan RKP adalah rencana program kerja pembangunan desa pada tahun berjalan yang akan dilaksanakan.

Bimtek ini dibuka langsung oleh Bapak Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Joko Lelono, AP, MH, beliau menyampaikan agar meninggalkan pola lama untuk penyampaian RPJMDes artinya RPJMDes harus dibuat tepat waktu sebelum program tahun berjalan dilaksanakan. Regulasi RPJMDes yang benar akan memudahkan proses pembuatan APBDes. Terkait dengan APBDes beliau mengatakan bahwa dana 1 Milyar untuk desa beresiko sangat besar terkait dengan pertanggung jawabannya. Oleh karena itu dibutuhkan adanya kejelasan laporan keuangan desa serta transparansi dalam penggunaannya. Beliau juga menginformasikan akan segera dilaksanakan diklat keuangan desa bagi Kepala Desa dan Sekretaris Desa bagi semua desa di Kabupaten Madiun. (LG)